Penanggungan

Mendaki Penanggungan via Jalur Tamiajeng

Gunung Penanggungan terletak di trawas mojokerto jawa timur ini memiliki ketinggian 1653 mdpl. Banyak yang menganggap gunung penanggungan mirip dengan gunung semeru sehingga gunung penanggungan disebut sebagai adiknya gunung semeru. Gunung penanggungan merupakan gunung tak aktiv yang bisa didaki melalui jalur jolotundo dan jalur tamiajeng.

Baca juga : Pendakian Gunung Argopuro

Surabaya - Trawas

Dari jl. Ahmad yani surabaya lurus terus menuju sidoarjo hingga sampai pandaan. Di perempatan pandaan belok ke kanan ambil ke arah tretes atau trawas. Setelah itu ikuti jalan tersebut sampai ada petunjuk jalan belok ke kanan aras trawas. Setelah mencapai trawas cari petunjut jalan ke arah ubaya (belok kanan) dan ikuti jalan tersebut. Di samping ubaya ada warung yang merupakan tempat untuk memarkir motor sekaligus perijinan untuk muncak gunung penanggungan. Pemilik warung ini bernama bu indah sehingga warung tersebut sering disebut dengan nama warung bu indah. Setelah itu parkirkan motor isi tenaga plus ngopi ngopi dulu sebelum berangkat untuk muncak.

Baca Juga : Pendakian Gunung Sumbing melalui Kledung

tamiajeng - puncak

Dari pos perijinan kita mengikuti jalan bebatuan yang agak lebar. Jalur ini merupakan akses para petani untuk membawa hasil taninya. Pada jalur ini jangan belok ke kiri karena anda akan kembali ke tempat semula jika belok ke kiri. Jika sudah menemukan jalan setapak ke arah kanan ikutilah jalan tersebut. Pada jalur ini merupakan tanah yang licin dengan bebatuan besar sebagai pijakannya. Setelah berjalan kurang lebih 3 jam mengikuti jalur ini anda akan sampai pada puncak bayangan di sini bisa mendirikan tenda untuk melepas lelah dan penat sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Bentangan gunung arjuno dan gunung welirang menjadi penghias dalam hijaunya bumi negeri ini. di puncak bayangan ini kita bisa menikmati sunset yang indah. Dari puncak bayangan menuju puncak dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Untuk berburu sunrise harus menuju puncak gunung penanggungan ini.

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

0 Response to "Penanggungan"